top of page
Search

Panas Jakarta: Penyebab dan Tips Cara Mengatasinya


Teman-teman HRD pun menggelinjang kepanasan!

Cuaca panas ekstrim buat warga Jakarta panik! Hari ini dan kemarin panas sekali ya, jobseekers! Cuaca panas terik belakangan ini ternyata bukan isapan jempol, karena seluruh warga Jakarta merasakannya. Yang mengagetkan, ini bukan gelombang panas seperti yang terjadi di daerah lain!


Lantas, apa penyebab suhu panas Jakarta ini? Bagaimana kita bisa bertahan dari cuaca panas Indonesia? Tenang, bersama Headhunter, Recruiter, dan prediksi BMKG, Kessler Executive Search akan memberitahu semuanya: penyebab panas Jakarta, juga tips dan trik untuk mengatasinya!

 

3 Penyebab Panas Jakarta


Suhu panas Jakarta yang memanggang kulit dan kepala kita belakangan ini disebabkan oleh… Amaterasu Itachi di Naruto!! …Bercanda ding, begini 3 penyebabnya menurut pengakuan BMKG:


1. Posisi Semu Matahari

Menurut prediksi BMKG, pada akhir bulan September dan awal Oktober ini posisi semu matahari tepat berada di atas khatulistiwa. Akibatya, panas matahari semakin menjadi-jadi!


2. Pertumbuhan Awan Minim

Kalian tahu proses bertumbuhnya awan? Dari hujan yang turun ke tanah, laut, sungai, danau, dsb lalu menguap akibat panas dan berkumpul menjadi gas yang menjadi awan baru.


Nah, posisi semu matahari penyebab panas di atas juga mengakibatkan siklus pertumbuhan awan jadi terganggu! Panas yang berlebih menyebabkan penguapan terjadi sebelum cukup air hujan berkumpul.


Akibatnya, sedikit awan baru untuk memberi hujan di siklus berikutnya. Dan tanpa awan sebagai filter penahan sinar ultra violet, cuaca panas Indonesia menjadi yang tertinggi sepanjang tahun ini!


3. Musim Hujan yang Terlambat

Iklim tropis Asia memang membuat cuaca panas Indonesia sudah biasa bagi kita, tapi masalahnya musim hujan jadi terlambat akibat fenomona El Nino yang tidak biasa!


Fenomena El Nino yang memanaskan air laut terjadi lebih cepat dari biasanya, sehingga musim kemarau yang harusnya mulai berakhir malah terus berlanjut…!


Berdasarkan prediksi BMKG, situasi suhu panas Jakarta ini masih akan berlangsung setidaknya selama 1-2 bulan ke depan… kalau tidak lebih!

 

5 Tips dan Trik Cara Mengatasi Panas Jakarta


Karena penyebab situasi panas ini adalah Amaterasu Itachi- EHEM. Maksudnya gangguan alam yang tidak bisa diubah, sebagai warga Jakarta mari kita menghadapinya dengan tips dan trik berikut!


1. Kurangi Pergi Keluar

Selama beberapa bulan sampai situasi membaik, HRD Kessler Executive Search menyarankan kamu jadi mengurangi aktivitas di luar rumah.


Selain untuk kegiatan penting seperti cari kerja, pergi kerja, interview dengan recruiter, atau belanja bulanan keluarga, jangan pergi keluar rumah!


Ganti berbagai kegiatanmu di luar rumah dengan yang di dalam rumah, seperti memasak, menjahit, senam ruangan, dsb.


Walau sekali-kali perlu merenggangkan kaki, jangan sampai kamu kena serangan panas karena bandel dan banyak jalan-jalan gak penting!


2. Siapkan Air Minum Dingin

Saat pergi keluar rumah untuk bekerja atau belanja, bawalah air minum dingin botolan. Naik kendaraan pribadi atau angkutan umum ber-AC, dehidrasi akibat kepanasan bisa datang kapan saja.


Apalagi jika kamu pejuang cari kerja yang harus berhemat dengan naik bis tanpa AC selama berjam-jam ke tempat interview Headhunter! Selalu sedia minuman dingin untuk mencegah sakit!


BTW, minuman dinginnya sebaiknya air putih saja. Hindari yang manis atau berkafein seperti soda, kopi, atau teh manis karena ada resiko keracunan.


3. Berteduh di Bawah Pohon

Bagaimana kalau kamu sekedar keluar untuk jalan ke Indomaret? Apa tahan saja panasnya sampai bisa pulang? No! Resiko pingsan akibat panas cukup besar, lho.


Baik jalan kaki atau naik motor, kalau mulai merasa pusing atau kepanasan, berteduhlah di bawah pohon. Selain menyerap sinar matahari, pohon juga melepas oksigen yang membuat kamu lebih sejuk.


Tidak perlu turun dari motor, cukup ubah posisi agar selaras dengan pohon sekitar~


4. Nongkrong di Kafe

Kalau merasa bosan di rumah dan kesepian karena gak ngobrol bareng teman-teman, sebaiknya ajak mereka hangout ke kafe!


Entah itu di mall atau seberang jalan, selama tempat tersebut sejuk (berkat AC atau kipas angin), kamu bisa nongkrong berjam-jam tanpa resiko terkena sakit akibat suhu panas Jakarta!


Ah, tapi tetap hati-hati saat berangkat dan jalan pulangnya ya?


5. Makanan dan Minuman Sejuk

Sebagai lanjutan kafe tadi, pastikan di tempat nongkrong kamu (kafe, kedai kopi, restoran, dsb) ada menu makanan dan minuman yang bikin adem!


Contohnya kue krim, es teh, es kopi, es krim, dsb! Sekali suap, rasa sejuk di mulut akan menyebar ke seluruh badan dan membuatmu gak kepanasan lagi!


Usahakan jangan makanan berat agar tidak timbul gejala keracunan, dan hindari makanan panas kecuali di malam hari. Dijamin lebih segar dan sejuk~


Demikian fakta beserta tips suhu panas Jakarta dari Kessler Executive Search! Jaga kesehatan di musim kemarau panjang ini agar tetap aktif cari kerja dan bekerja!

 

Sumber:

16 views0 comments

Comments


bottom of page