top of page
Search

Jose Mujica, Presiden Termiskin di Dunia!


Tokoh inspiratif dunia yang patut dicontoh kita semua~

Presiden tapi miskin!? Salam sukses, jobseekers! Cari kerja bareng HRD memang asyik, tapi ada saatnya kita harus melihat dunia lebih luas… seperti soal presiden termiskin di dunia: Jose Mujica!


Presiden kok bisa hidup miskin? Mari kita simak segala seluk-beluk tokoh inspiratif dunia satu ini, bersama Headhunter Kessler Executive Search!

 

Siapa Itu Jose Mujica?


Jose Mujica memiliki nama lengkap Jose Alberto “Pepe” Mujina Cordano. Menurut biografi tokoh dunia soal presiden termiskin ini, beliau adalah pria Italia biasa yang tinggal di Uruguay.


Jose yang akrab dipanggil “Pepe” hidup miskin dalam keluarga petani dan bekerja sebagai pengantar barang di toko roti sejak kecil, setelah kepergian mendiang ayah.


Walau berusaha hidup lebih baik, pendidikan beliau terpaksa putus saat masih SMA. Setelah terinspirasi oleh pamannya Angel Cordano yang seorang politisi, Pepe muda pun mengikuti jejaknya.


Tokoh inspiratif dunia pun juga menerima inspirasi dari orang terdekat, ya? Tapi bukan berarti semua berjalan mulus…


 

Punya Segudang Pengalaman Pahit


Perjalanan karir beliau pasang-surut seperti situasi negara Uruguay yang tidak stabil. Beliau pernah ikut gerakan gerilya, bergabung ke partai, jadi anggota DPR dll.


Beliau juga pernah tertangkap rezim militer, lalu dipenjara dan disiksa selama 14 tahun! Orang pada umumnya akan langsung hengkang setelah hal menyeramkan itu, tapi tidak Jose Mujica!


Usaha keras Pepe yang tak kenal menyerah pun membuahkan hasil! Pada tahun 2005 beliau diberi posisi menteri pertanian Uruguay, lalu pada tanggal 10 Maret 2010 menjadi presiden!

 

Prestasi Sebagai Presiden Termiskin di Dunia


Begitu menjabat sebagai Presiden Uruguay ke-40, Jose Mujica langsung membuktikan kenapa sosoknya pantas dimasukkan dalam daftar biografi tokoh dunia dan tokoh inspiratif dunia: hidup miskin!


Beliau menolak tinggal di istana negara dan mengambil gaji rendah sejumlah 12.000 Dollar AS (172 Juta Rupiah), lalu menyumbangkan 90%-nya untuk orang miskin!


TIdak berhenti sampai di situ; selama 5 tahun menjabat sampai tahun 2010, beliau fokus memajukan kesejahteraan rakyat kecil, terutama dari segi bisnis.


Selain menjalin kerja sama demokrasi dengan banyak negara lain guna memperkuat sektor perdagangan, presiden termiskin ini juga memberi bantuan dana pada UMKM kecil.


Banyak usaha kecil rakyat Uruguay yang kekurangan modal akibat krisis ekonomi, bahkan setelah sektor dagang membaik. Tanpa ragu, Jose Mujica memberi suntikan modal dari tabungannya sendiri!


Sifat dermawan beliau tidak hanya membuatnya terkenal sebagai presiden termiskin yang berhati mulia, tapi juga menjadikannya tokoh inspiratif dunia dengan julukan sayang ‘El Pepe’.


El Pepe bisa diartikan sebagai ‘ayah tersayang’~

 

Hidup Sederhana di Pertanian Kecil


Semasa aktif jabatan maupun setelah mengundurkan diri di tahun 2015, Jose Mujica sang El Pepe tinggal di rumah sederhana, yang bahkan bisa dibilang bobrok!


Lingkungan rumah beliau hanya berupa rumah tua, tanah pertanian, serta mobil kuno Volkswagen Beetle tahun 1984. Hidup tanpa anak, bersama istrinya Lucia Topolansky dan anjing berkaki tiganya Manuela.


Apa kamu bisa bayangkan, menyelesaikan urusan negara di tempat tersebut? Recruiter Kessler justru makin takjub dengan keahlian mumpuni dan kerendahan hati beliau!


Meskipun Jose Mujica dijuluki presiden termiskin di dunia, tapi sifat rendah hati dan rasa kemanusiaannya pantas dijuluki presiden paling dermawan sedunia!

 

Sekian penjelasan Kessler Executive Search tentang Jose Mujica, presiden termiskin di dunia! Apa kamu siap menjalani gaya hidup beliau demi berbakti pada bangsa dan negara? Eits, jangan ya! yang penting cukup dengan kamu membagikan segelintir dari harta kekayaanmu kepada sesama yang kurang mampu (dengan hati yang tulus tentunya), pahalamu sudah bertambah kelak nanti.


Jangan buru-buru, jalani tahap demi tahap seperti bertani layaknya sang El Pepe! Headhunter Kessler akan membantumu cari kerja yang tidak kalah mulianya~


Sumber:

49 views0 comments

Comments


bottom of page