top of page
Search

9 Tips Sewa dan Beli Apartemen dengan Harga Murah


Sewa atau beli apartemen, yang penting hemat tapi bermanfaat!

Pilih sewa atau beli, pilih dia atau aku!? Halo jobseekers, masih semangat cari kerja? Selain bersiap untuk interview, HRD sarankan kamu juga bersiap pindah dengan menyewa atau membeli apartemen.


Sebenarnya, pindah dari rumah dan tinggal di apartemen agar lebih dekat ke tempat kerja itu bukan hal baru. Hanya saja, banyak halangan dalam mewujudkannya,


Salah satu solusi terbaik adalah menyewa atau membeli apartemen, tapi tentu saja biayanya tidak murah walau kamu dapat pekerjaan dengan gaji tinggi.


Karena itulah, recruiter Kessler Executive Search akan membagi rata 9 tips dan trik dalam sewa apartemen dan beli apartemen dengan harga murah! Silakan dibaca…

 

1 Tips Mutlak untuk Sewa atau Beli Apartemen


Baik kamu ingin sewa apartemen atau beli apartemen, ada satu langkah sama yang harus dilakukan oleh kedua proses itu, yakni…


Lakukan Riset!

Banyak faktor tidak menentu yang terus berubah dalam perihal memilih apartemen untuk ditinggali, baik untuk keperluan kerja, kuliah, dsb.


Karena itu langkah paling pertama adalah riset! Cari tahu sebanyak-banyaknya tentang apartemen yang kamu sukai atau sepertinya bagus, lalu evaluasi satu-persatu.


Apa harganya sekarang ini mahal? Apa masih ada unit tersisa? Apa lokasinya tepat? Apa letak kamarmu terlalu tinggi? Apa lingkungannya bersih dan aman?


Mungkin saja apartemen yang kamu taksir tidak cocok, atau terlalu mahal. Jangan buru-buru dan lakukan riset dengan detil, sekalian survei!

 

4 Tips Sewa Apartemen dengan Harga Murah


Sewa apartemen berarti kamu harus membayar biaya bulanan. Walau lebih murah, bukan berarti kamu bisa anggap enteng!


Lagipula menyewa itu punya batasan sendiri dibanding beli apartemen. Baca baik-baik tipsnya…


1. Tentukan Budget Bulanan

Karena harus membayar uang sewa bulanan, kamu harus menentukan budget. Uang sewa sudah pasti, tapi hitung juga biaya makan, minum, transport, obat-obatan, dsb.


Idealnya kamu memilih apartemen dengan biaya bulanan yang sudah mencakup air, listrik, parkir, dsb. Bakal repot menghitungnya jika tagihan tersebut dipisah.


2. Akses Mudah

Salah satu faktor utama orang sewa apartemen dan bukannya beli karena masalah uang, jadi kamu harus hemat biaya sebisa mungkin!


Pastikan selain lokasi apartemenmu tidak jauh dengan tujuan (kantor, kampus, dll), akses transportasinya juga tersedia. Angkot untuk ke pasar, supermarket atau mall, ojek untuk ke kantor atau rumah sakit, dsb.


Tentu kamu bisa naik motor atau mobil sendiri, tapi ingat kalau proses bawa kendaraan ke apartemen itu bakal repot… Idealnya sih jalan kaki~


3. Fasilitas Sesuai dan Tidak Berlebihan

Cara beli apartemen yang benar tentu dengan melihat fasilitasnya, tapi kalau menyewa, yang penting cukup!


Kamar dengan spring bed besar mungkin menggoda, tapi buat apa kalau kamu merantau sendiri? Parkir luas tidak berarti kalau kamu naik ojek. Kolam renang? Gak penting!


Jangan tergiur biaya aneh-aneh!


4. Prioritas Hidup Hemat!

Sama seperti nomor 3, selain fasilitas apartemen, kamu harus hemat dan fokus beli yang penting.


Makan nggak perlu di restoran, baju gak beli banyak, gak sering ke mall. Utamakan pembersih kamar, alat mandi, bahan makanan, dll untuk hidup sehari-hari!

 

4 Tips Beli Apartemen dengan Harga Murah


Beli apartemen jauh lebih mahal, tapi kamu jadi lebih santai dan nggak perlu mikirin biaya tambahan atau aturan mendadak. Ikuti tips membeli apartemen berikut!


1. Menabung Sebanyak Mungkin

Cara beli apartemen paling sederhana: nabung!


Setelah ketemu apartemen ideal dan survei, kumpulkan biaya untuk membelinya, dengan cukup banyak uang tambahan untuk jaga-jaga. Jangan pas-pasan!


2. Lokasi Strategis

Sewa apartemen pun perlu lokasi yang bagus, tapi beli apartemen lebih lagi!


Karena kamu akan tinggal untuk waktu yang lama, lokasinya harus benar-benar strategis: dekat pasar, tranportasi banyak, aman untuk jalan kaki, dll.


Apa jarak fasilitas umum cukup dekat dengan apartemen itu? Kantor, kampus, sekolah, mini market, pasar tradisional, supermarket, rumah sakit, dsb.


Lingkungan sekitar apartemen juga harus diperhatikan. Apa lokasinya penuh tanaman hijau, atau malah dekat tempat kotor seperti pabrik atau pembuangan sampah?


Apa lokasinya bising karena dekat proyek pembangunan? Jangan sampai pas pindah, konstruksi belum selesai dan kamu jadi gak bisa tidur!


Rawan banjir juga jadi faktor penentu, karena percuma beli apartemen yang kebanjiran setiap kali hujan! Ini adalah rumah keduamu selamanya, jadi jangan sampai ada hal menyulitkan!


3. Beli Saat Pre-Launching atau Pre-Order dari Developer Terpercaya

Cara beli apartemen dengan harga murah adalah saat pre-launching atau pre-order, di mana pemilik properti ingin menjual sebanyak mungkin dan memberi diskon besar!


Tentu kamu juga harus cari tahu developer yang sudah terkenal dan punya banyak review bagus, jadi lebih terjamin kualitasnya.


4. Gunakan Jasa Agen Properti

Proses beli apartemen lebih rumit, karena ada perihal tanah, pajak, izin, dll. Walau hanya perlu diurus sekali, kamu yang awam soal undang-undang mungkin bingung.


Supaya mudah, gunakan jasa agen properti! Mereka akan mengurus segala dokumen resmi, jadi kamu tidak pusing dan bisa fokus di hal lain.


Tentu kamu harus tetap ikut sebisamu, jangan lepas tangan sepenuhnya walau dia agen terpercaya. Selain untuk jaga-jaga, juga supaya kamu sedikit belajar soal proses ini!


Bonus: HGB Apartemen Berapa Lama?

Ini bisa kamu tanyakan ke agen properti, tapi tidak ada salahnya tahu karena ini penting!


HGB (Hak Guna Bangunan) Apartemen adalah hak untuk tinggal di atas tanah lokasi apartemen kamu. Tanahnya harus milik developer asli pemilik apartemen yang kamu beli, agar tidak ribet.


HGB umumnya 20-30 tahun, dan bisa diperpanjang sampai 50 tahun. Kurang dari itu, jangan beli! Begitu HGB habis dan kamu gak tahu, apartemen yang sudah dibeli bisa dipaksa dibongkar!


Jadi pastikan soal HGB apartemen ke agen properti dan developer dengan teliti!

 

Sekian penjelasan Kessler Executive Search tentang tips sewa dan beli apartemen dengan harga murah!


Sewa atau beli apartemen adalah langkah hidup baru, jadi pikirkanlah dengan serius bersama keluarga, teman, dan pasangan agar semua berjalan lancar~


Sumber:

14 views0 comments

Comments


bottom of page