top of page
Search

6 Karakteristik Pelamar Kerja Yang Disukai HRD


HRD punya 'preferensi' karakter pelamar kerja tertentu. Ehem, ehem.

Karakter pelamar kerja yang disukai HRD tuh, seperti ini! Masih rajin cari kerja, jobseekers? Kami Recruiter Kessler ingin memberitahu kamu tips dan trik jitu agar diterima kerja: karakteristik!


Saat interview kerja bareng HRD, mereka akan melihat apa ciri pelamar kerja sesuai dengan kepribadian yang disukai HRD! Bukan sekedar skill yang kamu punya, tapi juga sikap!


Berikut, Headhunter Kessler Executive Search akan membagi 6 karakteristik pelamar kerja yang disukai HRD di bawah ini~

 

6 Karakteristik Pelamar Kerja Yang Disukai HRD


1. Sopan dan Tidak Sombong

Nggak ada HRD yang mau bekerja dengan orang sombong dan kasar, walau seahli apa pun mereka dalam suatu bidang. Kamu juga gak mau, ‘kan?


Karena itulah, kepribadian yang disukai HRD adalah sopan dan tidak sombong! Pakai bahasa sopan dan jangan sok akrab. Walau sudah S2 sekali pun, jangan kepedean!


Sikap jujur, tutur bahasa sopan, rendah hati, dan hormat pada sesama adalah karakter pelamar kerja yang akan selalu dipilih HRD dibanding orang sombong seahli apa pun!


2. Idealis tapi Realistis

Recruiter paling suka jika pelamar kerja cari kerja dengan semangat! Walau sulit dan sering gagal, tetap berusaha optimis dan maju ke depan! Orang idealis~


TAPI walau Recruiter atau HRD nggak suka pelamar kerja pesimis, mereka lebih benci orang yang terlalu idealis! Kehidupan kerja itu keras, jadi harus sesuai kenyataan.


Percuma kamu menjawab menggebu-gebu saat interview tapi sebenarnya skill-mu biasa saja. Meminta gaji yang terlalu rendah atau tinggi juga terlalu idealis, walau maksud kamu baik.


Evaluasi dirimu sendiri, lihat di mana level kamu, lalu mintalah posisi dan gaji yang sesuai itu. Punya mimpi tinggi nan idealis itu bagus, tapi tetap ada prosesnya.


3. Menjawab dengan Tegas dan Berani

Ciri pelamar kerja yang tidak disukai HRD adalah yang terlalu pemalu, lama menjawab pertanyaan dan saat bicara suaranya kecil dan ragu-ragu.


Karakter yang disukai HRD tentu yang sebaliknya: bisa menjawab dengan berani dan tegas! Caranya bukan dengan teriak-teriak atau semangat berlebihan, tapi secukupnya!


Bicara dengan volume yang cukup, tanpa berteriak. Jawabanmu ringkas dan tidak ragu-ragu. Terakhir, tataplah mata pewawancara untuk menunjukkan keseriusanmu dalam melamar kerja.


Dijamin, kemungkinan interview kerja berhasil akan meningkat!


4. Patuh Pada Peraturan

Setiap interview kerja dengan HRD pasti punya peraturan sendiri. Baju yang harus dipakai, alat yang harus dibawa, aturan psikotes dan interview, dsb.


Pastikan kamu membaca semua aturan tersebut baik-baik, jauh sebelum hari H, agar bisa bersiap. Jangan sampai kamu melupakan sesuatu dan melanggar aturan!


Karakteristik pelamar kerja yang disukai HRD adalah yang fleksibel, tapi tetap taat aturan!


5. Aktif Bertanya dengan Tepat

Wawancara kerja yang baik adalah di mana kedua pihak saling tanya-jawab dengan lancar.


Selain menjawab pertanyaan HRD dengan tegas dan jelas, kamu juga harus banyak bertanya. Pertanyaan yang berhubungan dengan pekerjaan dan perusahaan, tentunya.


Karakter pelamar kerja yang baik adalah aktif bertanya, tapi tidak asal dan fokus untuk tahu lebih dalam soal posisi serta perusahaan yang dilamar!


6. Skill dan Pengalaman yang Sesuai

Ciri pelamar kerja yang paling penting tentu saja punya skill dan pengalaman yang cocok untuk pekerjaan yang dilamar. Tidak semua perusahaan siap dan mau melatihmu dalam hal baru!


TAPI! Ini sering jadi perangkap. Semua skill dan pengalaman tidak berguna bila kamu mengabaikan 5 langkah di atas. Banyak yang sudah pede, malah zonk gara-gara sikap jelek!


Punya skill dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang dilamar bagus, tapi jangan sampai lupa sikap-sikap penting dalam 5 nomor sebelumnya!

 

Sekian penjelasan Kessler Executive Search tentang karakteristik pelamar kerja yang disukai HRD!


Ingat, hal terpenting adalah bukan memaksakan diri berpura-pura menjadi karakter yang disukai HRD di atas, tetapi mengubah dirimu menjadi lebih baik!


Kami selaku headhunter siap membantumu cari kerja dan memberi tips seperti di atas, jadi jangan lupa hubungi kami di halaman kontak~


Sumber:

438 views0 comments

コメント


bottom of page