top of page
Search

5 Pertolongan Pertama Asam Lambung



Asam lambung kambuh saat interview HRD? OH NO!

Sembuhkan asam lambung dengan 5 tips ini! Sudah lama tidak bersua, jobseekers! Di tengah kesibukan mencari kerja dari HRD dan Headhunter, jangan lupa jaga kesehatan. Penyakit bisa menyerang kapan pun, terutama asam lambung.


Penyakit asam lambung bisa menyerang siapa saja, bahkan kalian yang tidak punya riwayat penyakit itu. Walau mirip sakit perut atau maag, asam lambung lebih berbahaya karena bisa mempengaruhi mulut dan tenggorokan!


Pertama, pelajari perbedaan penyakit asam lambung dan maag:

- Sakit maag hanya di perut, sementara asam lambung juga di dada, mulut, dan tenggorokan.

- Sakit asam lambung membuat batuk, maag tidak.

- Maag hanya membuat mual, sementara asam lambung juga membuat kamu sulit menelan makanan.


Solusi terbaik tentu saja minum obat dan istirahat, tapi bagaimana jika gejala muncul saat sibuk… Misalnya wawancara kerja bareng HRD!? Tenang, bacalah 5 tips pertolongan pertama ini untuk mengatasinya!

 

5 Pertolongan Pertama Asam Lambung


1. Duduk Tegak, Tapi Santai

Penyakit asam lambung menimbulkan sensasi sakit dari perut ke tenggorokan, jadi posisi duduk penting! Kalau duduk membungkuk atau menyamping, gesekan perut dari posisi itu akan menambah rasa sakit!


Solusi? Duduk tegak, tapi santai. Tidak perlu kaku seperti upacara bendera, yang penting posisi badan tegak lurus. Ini membantu agar asam lambung tidak naik ke leher atau kepala dan membuat tubuh lebih rileks. Cocok dilakukan saat duduk untuk interview atau psikotes!


Untuk memudahkan, bersandarlah menggunakan bantalan kursi atau sofa bila di rumah. Saat di luar, gunakan kursi yang ada sandarannya atau bersandarlah di tembok!


2. Longgarkan Pakaian

Gejala penyakit asam lambung yang paling menyiksa adalah sesak nafas di tenggorokan. Pertolongan darurat untuk ini adalah melonggarkan pakaian! …Bukan lepas baju, ya.


Kenapa? Karena tekanan pada perut dari pakaian yang ketat atau sempit akan memperburuk gejala maag dan asam lambung! Berikan ruang untuk bernafas dengan melonggarkan pakaian!


Kalau kamu memakai jaket, lepaskan atau buka kancingnya. Untuk kemeja, buka kancing di bagian atas dekat leher agar kamu lebih lega bernafas. Kalau memakai ikat pinggang, longgarkan satu lubang.


Dengan perut yang lebih lapang dan sirkulasi udara lancar, gejala asam lambung akan membaik!


3. Minum Air Hangat

Seperti penyakit umum lain (flu, batuk), penyakit asam lambung dapat ditekan dengan minum air hangat. Sensasi sedikit panas dalam perut akan meredakan sakit di tenggorokan, lambung, juga usus!


Hindari air dingin atau es, karena sensasi dingin akan menusuk perut dan menambah rasa sakit.


Kamu juga bisa coba minuman hangat lain seperti jamu atau air jahe, tapi itu belum tentu cocok untuk perutmu, jadi amannya minum air hangat saja.


4. Tidur Miring ke Kiri

Tidur dengan posisi badan menghadap ke kiri akan membuat cairan asam lambung sulit naik ke kepala dan membuat istirahatmu lebih nyaman. Kok bisa?


Organ sfingter esophagus bagian bawah yang diserang asam lambung akan berada di atas saat posisi tidur miring ke kiri, sehingga resiko kontraksi perut berkurang.


Tidur miring ke kanan akan berefek sebaliknya, jadi jangan dicoba!


5. Minum Obat

Obat maag ampuh untuk mengobati sakit perut dan asam lambung, selama gejalanya belum terlalu parah. Saat jam istirahat, minumlah obat maag!


Tentu kamu harus perhatikan kandungan obatnya, karena ada resiko membuat kantuk. Obat maag bisa kamu beli di apotek, tapi obat khusus asam lambung sebaiknya dikonsultasikan ke dokter.

 

Demikian 5 Pertolongan Pertama Asam Lambung! Nomor 1-3 adalah pertolongan darurat, agar kamu tidak panik di saat penting dan bisa mengurangi sakitnya sampai ada waktu istirahat.


Nomor 4-5 hanya saat ada waktu lowong seperti jam makan siang, tapi diutamakan setelah pulang ke rumah. Bila gejala tidak membaik dalam 2-3 hari, segeralah periksa ke dokter!


Headhunter dari Kessler Executive Search siap membantu kamu cari kerja, jadi jangan sampai gejala maag atau asam lambung menghambat karirmu!


Sumber:

24 views0 comments

Comments


bottom of page